Jalan jalan ke BOROBUDUR.

Ini ceritanya jalan jalan berakhir ke Rumah sakit,  Siapa sih yang mau kejadian seperti aku, rasanya benci banget kalau liburan berakhir menyebalkan seperti kemarin. Tapi nanti saja kita bahas sekarang aku akan menceritakan pengalaman aku jalan jalan ke BOROBUDUR kemarin.

Tepatnya kemarin hari kamis 28 april 2016,  aku dan sahabat aku merencanakan liburan singkat ke daerah MAGELANG Jawa Tengah
tepat nya di Borobudur terahkir aku ke Borobudur tahun 2006 dan rencana minggu depan saya akan bawa rombongan lagi jadi saya ajak teman saya untuk survei lagi kesana.

Saya berangkat pukul 6 pagi dan menjemput teman aku di kawasan malioboro,  lantas lets go sekitar pukul 7 kita berangkat dari Malioboro ke Borobudur.  Perjalanan lancar hanya butuh waktu satu jam sampai Borobudur.
Petunjuk arah ke Borobudur sebenarnya mudah dan lengkap, tapi dari daerah Yogyakarta ke jalan Magelang. Hanya main lurus saja. Namun saat belokan menuju arah Borobudur banyak petunjuk arah terbuat dari kayu, cantik sih dan yunik namun kok kurang jelas aja hhahaha mungkin mata aku aja yang tidak jelas.

Selamat datang di Borobudur..

Terima kasih ya Allah ini pertama kali aku naik motor sendiri sampai ke luar kota hahhaha biasanya tidak berani dan diantar kemana mana ama suami, karena dia baru kerja jadilah aku aja memberinikan diri.

Sesampainya di Borobudur kita parkir di luar kompleks candi, dengan bayar parkir motor 5000 lantas masuk dan menuju ke loket pembayaran dan wow 10 tahun saya tidak ke Borobudur lagi dan ini sangat berbeda cantik dan indah plus bersiiiih juara pokoknya.

Langsung kita ke loket pembayaran,  langsung kita masuk ke loket pembayaran, biaya masuk nya cukup 30.000 saja untuk wisata lokal seperti saya dan kawan saya waaah aku lupa lihat untuk turis asing berapa maaf ya, kurasa sekitar 20$ terahkir info dari kawan aku atau ada yang tahu share ya..

Sebelum kita masuk candi,  kita akan masuk ke pintu pemeriksaan,  semua barang barang di periksa rokok tidak boleh masuk kedalam areal candi pasti akan di sita dan nanti setelah keluar candi boleh di ambil lagi.

Memang kita sengaja pagi hari ke Borobudur dengan alasan agar tidak panas, ahkirnya kita masuk ke dalam candi Borobudur yang cantik dan megah saat itu aku mencari seorang guide namun sayang saat itu tidak ada guide yang duduk di tempat reservasi guide di samping pintu masuk , ya sudah besok saja saya pakai guide saat saya membawa rombongan.

Kita berjalan sebentar sebelum masuk ke patara candi Borobudurnya

Candi Borobudur dari kejauhan

Sudah terlihat di depan mata candi indah dan megahnya candi Borobudur,  lantas kita jalan sebentar dan welcome to Borobudur.

mbooy indah betul candi nya langit cerah biru dan matahari hangat dan pengunjung belum ramai itu yang paling penting hhaha.

Oooh iya yang  ingin tahu sejarah candi yang saya dengar dari guide tetangga di bangun kekitar tahun 700 masehi dan selesai sekitar tahun 800 masehi nah dari pada bingung Yuuk baca sejarah Candi Borobudur.

Langsung kita naik diatas,  paling atas candi lantas kita duduk sebentar kurang lebih 30 menit di atas menemani teman aku yang sedang bermeditasi dan saya duduk duduk sambil menikmati indahnya pemandangan pegunungan dan awan.

Aku dan sahabat aku..
Indahnya
Tempat kita duduk

Catatan penting dilarang loe naik ke stupa bahkan menyentuh tangan buda di dalam stupanya,  agar tidak rusak biar anak cucu kita bisa menikmati dan bangga memiliki candi Borobudur ini.

Lumayan lama aku duduk disana 30 menitan sambil menikmati sekitar, walau di belakang ada rombongan anak anak sekolahan ya heboh sudahlah namanya obyek wisata ya sudahlah.

Pemandangan dari atas

Luar biasa indahnya pemandangan saat kita disana.

Rasanya sudah cukup kita duduk manis disana,  pukul 9 langsung kita menjelajah candi agar tidak terlalu terik,  di saat ini baru aku butuh seorang guide untuk menerangkan apa yang aku lihat sedih rasanya karena aku tidak dapat menemukan seorang guide.

Kami menyusuri setiap sisi dari candi lantas saya tertarik dengan seorang bapak yang sedang membersihkan rumput dengan pingset,  saya menyapa beliau dan berbicara sebentar. Bapak ini bertugas membersihkan rumput yang menempel di candi,  candi kan dari batu jadi pasti banyak rumput kalau tidak di ambil,  jadi setiap pagi beliau bertugas membersihkan rumput dengan alat ini.

Pingset raksasa untuk membersihkan rumput di candi Borobudur

Kami ngobrol sekitar 10 menit,  lantas saya tertarik dengan batu kok kaya ada sekrubnya,  ternyata itu tembaga dan menurut kata beliau itu yang membedakan mana batu baru dan lama..

Atas batu baru dan bawah batu lama..

Langsung kita melanjutkan perjalanan sambil melihat relief candi yang ini mereka bilang kalau relief di candi Borobudur paling terlengkap.

Relief relief candi

Tidak terasa kita mengitari candi sudah hampir 2 jam, sekitar pukul 11. Kita memutuskan untuk pulang ke Yogyakarta.

Ternyata rencana kita berubah saat salah satu kawan aku yang stay di Magelang tahu kalau kita ada di Borobudur lewat IG aku, lantas dia menelepon saya dan mengajak janjian untuk bertemu dan memberikan usulan untuk jalan jalan lagi di obyek wisata yang ada di Magelang lainya.
Secara memang tidak ada rencana lain dan kita menyetujui dan aku tidak sadar akan apa yang akan terjadi di depan nanti.

Karena liburan kali ini berakhir di Rumah sakit, aku lanjutkan besok lagi ya biar penasaran hhaha tapi alhamdulillah sudah sehat lagi kok nyatanya sudah ada di Yogyakarta lagi.

See you…

42 thoughts on “Jalan jalan ke BOROBUDUR.

1. Eeh kok bisa brakhir di rumkit mbk? 😦
    Aku ke borobudur feb kmrn setelah thn 2005, masi byk renovasi disana yaa…
    Borobudur mmg ngangenin..
    Eh jogya sih ngangenin juga :D.
    Oya aku kemrn ke kalibiru kulonprogo, kalau blm kesana ak Rekomendasiin tempatnya mbk klo suka yg alam2… 🙂

1. Belum pernah kesana karena Musim hujan serem jalanya, yuup paling sesudah lebaran karena bulan mei dah full dan puasa stop bentar.
      hahah itu dia yang bikin ketawa ngakak besok ya ttg lanjutanya..

2. aq terakhir ke borobudur tahun 2007..suami ngajakin ke sini lagi, tapi aq tak sanggup membayangkan bawa 4 anak yg masih kecil2 ke sini..kalo minta gendong kan repot..hihi..

ditunggu kelanjutan ceritanya mbak..

3. Waduh, kenapa itu Ri bisa masuk rumah sakit? Mudah-mudahan sekarang semuanya sudah oke yaa

Btw, Borobudur memang cantik banget ya! Sudah lama nih aku ngga kesana…

4. Semoga jgn berakhir di RS lg ya jalan2 nya ☺ yg menakjubkan tuh batunya sekedar disusun batu di atas batu yp ya kok indah menakjubkan…