Mengunakan jasa seorang guide.

image
Kraton Yogyakarta Doc pribadi

Pernah tidak kalian mengunakan jasa  seorang guide untuk membantu kalian untuk mengetahui sejarah atau kisah sebuah tempat wisata yang kita kunjungi misalkan di Yogyakarta ada candi,  Kraton, museum dan banyak yang lainya.

Kalau saya ” Iya “
mungkin sudah 5 x saya mengunakan jasa guide yang pertama saat saya jalan jalan ke Kraton Yogyakarta,  candi prambanan, kintamani, besakih dan yang terbaru saat saya jalan jalan ke Taman sari yang ada di Yogyakarta yang membuat saya sangat jatuh hati dengan tempat itu.

Ingat betul saat saya pertama kali menggunakan seorang guide saya kira mahal ada patokan harga ternyata bebas kita mau memberi berapa seiklas nya namun tetaplah kita juga jangan seenaknya memberikan uang TIP karena informasi yang kita dapat sangat membantu kita dan bermanfaat sekali.

Saya lupa nama Bapak guide yang pertama kali membantu saya dengan sabar menjelaskan dan menjawab setiap pertanyaan yang aku lontarkan,  sesekali beliau membantu saya mengambil gambar dari kamera dan hp saya untuk mengabadikan momen saat saya berada disana.
Lelaki separuh baya berkaca mata yang kurasa sudah lama tidak di ganti,  dengan setelah batik bukan batik tulis namun sangat rapi, sopan dan bersih plus mengunakan sepatu hitam mengkilap sangat rapi pokoknya.

Kurasa saat itu hanya saya yang antusias mendengarkan, sedangkan teman aku setengah setengah karena mereka lebih fokus dengan mencari obyek foto.

Berawal dari situ,  bila saya mengunjungi obyek wisata yang ada sejarah nya saya selalu menggunakan jasa guide untuk membantu saya dan jasa guide ini benar benar sangat membantu.

Lantas bagaimana dengan kalian..?
Beberapa kali saya menggunakan guide semuanya berkesan dan rasanya kalau saya kembali lagi ke tempat itu saya akan mencari mereka untuk menjadi Guide ubtuk tamu tamu saya.

42 thoughts on “Mengunakan jasa seorang guide.

  1. Seriiiing. Soalnya biar puas dan tau dari penduduk lokal info seputaran tempat wisata itu 🙂 Puas gitu kalo pake guide yang banyak kasih info. Berasa tambah pintar. Hehehe

  2. Pernah juga, khususnya kalau ke tempat-tempat baru yang sebelumnya belum pernah aku datangi dan kebetulan aku tertarik untuk tahu segala sesuatu mengenai tempat itu

  3. Waktu saya ke jepang menggunakan tour guide seorang ibu2 yang mungkin usianya lebih dari 60 tahun. Masih sangat semangat sekali, ke mana pun pergi kita yg di ajak tour selalu ketinggalan dari ibu itu 😀

  4. Iya Ri, biasanya kalau ke tempat sejarang memang mesti ada guide untuk tahu tempatnya seperti apa. Kalau engga kan ya cuma melihat fisik tempatnya saja tanpa tahu ceritanya 😛

  5. Sudah pernah ke Ullen Sentalu belum Ria? Pemandu disana benar2 membuatku terpesona dengan penjelasannya. Menarik dan tidak membosankan terutama buatku yang ga terlalu suka pergi ke museum.

      1. Lho Ria, guide nya kan malah disediakan. Satu paket dengan harga tiket. Malah ga boleh kalau tanpa guide jalan2 sendiri didalam. Dan didalam kan ga boleh ambil foto apapun. Hanya ada disatu tempat yang boleh berfoto itupun diluar ruangan dibagian halamannya.

      2. Aku di tangga depan parkir itu aja,
        foto di sana karena kita datang sore dah tutup.
        Makanya aku penasaran mau masuk ke sana lagi untung kamu ingatin den, Liburan nanti dah naik motor ke atas…

        Kenapa ngak boleh di foto ya…?
        Tapi aku ada yang bisa foto juga di ruang selamat datang nya aja..

  6. mmm saya kurang suka mengguakan guide, sih. kalau ingin tau lebih detail tentang sebuah sejarah atau cerita, lebih suka berinteraksi dengan penduduk setempat.

  7. Pernah waktu jalan2 ke Bali dan Lombok bareng suami kita pakai tour guide, daripada aku yg ditanya2 suami kan gak ngerti mending sewa guide deh. Kan malu aku klo sampai di bilang “kamu orang Indonesia ko malah gak ngerti sejarah/cerita tempat yg kita kunjungi” heheh 😀 .

Tinggalkan Balasan

