Liburan akhir tahun 2015

image

Post ini sedikit agak terlambat namun tidak masalah dari pada tidak sama sekali.

Liburan akhir tahun. selalu aku ambil sebelum natal sampai akhir tahun, seperti beberapa tahun yang lalu saya selalu pulang saat Natal walau saya tidak merayakan natal namun keluarga besar saya termasuk orang tua saya dan adik saya merayakan natal. Jadi kita mudik dua kali lebaran iya natal juga iya dan kalau natal malah wajib hukumnya.

Liburan Natal kali ini aku ambil tepat tanggal 24. Tanggal 23 desember adik aku yang kerja di jakarta datang naik kereta yang sudah dia beli dua bulan yang lalu dan sampai di Yogya pagi buta, setelah dia beristirahat siang nya dia menyusul saya ke tempat kerja alasannya cuma satu untuk membeli beberapa kebutuhan natal dan membuat bingkisan natal untuk orang terdekat. 

Sampai malam kita bikin parsel dan membeli beberapa barang,  kenapa kita membuat sendiri karena biar murah tetap ya..

image
Salah satu bingkisan hahha bentuknya.

Malam harinya semua barang sudah masuk ke dalam mobil dan adik aku pulang duluan ke wonogiri tempat kelahiran aku, karena sesuai tradisi keluarga. Terutama keluarga besar kita merayakan natal tepat malam natal di gereja tanggal 24  malam dan tepat tanggal 25 kita biasanya kumpul keluarga. Membagi bingkisan natal ke tetangga,  kerabat dan yang paling penting kita kerumah nenek kita disana kita bertemu keluar yang tertua..

Menu Natal kali ini sama seperti tahun tahun yang lalu yaitu ayam ingkung buatan simbah ( mbah sum)  tetangga aku di kampung halaman aku di wonogiri, beliau sudah kaya saudara sendiri di rumahnya dia masak semua pesanan keluarga kita dan yang paling aku suka masaknya masih mengunakan kayu bakar.

image

Semua keluarga aku ikutan membantu membuat bingkisan natal,  seperti biasa kita buat makan untuk di bagi bagi kepada tetangga dan sanak saudara dan beberapa teman orang tua aku.

image

image
Ayam ingkung andalan keluarga
image
Selalu bikin kangen
image
Semua keluarga ikut membantu membuat nasi kotak

Rame rumah semua kumpul,  setelah selesai semua waktunya kita bagi bagikan ke sekitar di bantu beberapa tetangga,  inilah yang aku rindukan saat pulang kampung yaitu kekeluargaan yang kuat.

Siang harinya setelah selesai semua kita siap siap ke rumah nenek kita, sebenarnya nenek aku sudah meninggal namun ada bude dan pakde yang tertua.
Sekitar 1 jam perjalanan dari kota wonogiri menuju rumah nenek di manyaran.

Akhirnya sampai juga di rumah nenek, setelah salinan tanpa basa basi langsung kita serbu ke kebun samping dan belakang untuk mencari dan memanen jeruk bali,sayangnya ini musim hujan jadi banyak gagal panen karena busuk.

image
Salah satu pohon nya
image
Buah nya banyak yang jatuh di dalam karung

Ahkirnya kita memetik beberapa buah yang sudah masak langsung kita buka dan kita santap bersama sama,  wiiihhh segar sekali walau tidak semua nya bagus namun tidak mengecewakan

image
Tara jeruk bali kebun sendiri

image

image

image

Ingat betul jaman aku kecil kulit buahnya selalu saya jadikan Mainan sama adik adik saya.

Hal yang paling aku rindukan setiap kerumah nenek adalah makan masakan nenek dan bude yang dimasak pakai tungku sederhana namun masaknya luar biasa tidak ada yang mengalahkan.

image
Tungku kesayangan nenek

Ini adalah kenangan indah nenek aku jadi kangen dengan beliau semoga di kasih tempat yang indah disana amiin.
Jadi ingin nangis kangen sama simbah,  simbah yang selalu masak tumis tokolan ( kecambah atau toge )  karena kita adalah keluarga pedagang dan pembuatan kecambah.

image
Kecambah atau toge untuk jualan esok hari.
image
Tara kecambah sudah siap jual.

Jadi banyak pedagang kecambah yang ambil dari tempat nenek dan bude aku untuk di jual lagi.

Rasanya waktu berjalan cepat kalau kita mengingat nostalgia masa kecil dan bikin aku sangat sangat merindukan dan sekarang baru merasa kehilangan.

Yuuup sudah melonya dan lanjut lagi ke liburan ahkir tahun aku selanjutnya,  kemana kita pergi tunggu part 2 nya ya…

See you all happy your today thanks..

28 thoughts on “Liburan akhir tahun 2015

  1. Selamat Natal 2015 & Tahun Baru 2016, mbak Ria! Sehat selalu ya 🙂
    Aku kalau pulang selalu tanggal2 mainstream, ga pernah pas lagi libur / tgl merah jadinya gapernah malam tahun baru-an sama keluarga deh 😀 Seru juga

  2. wah jeruk bali nya petik langsung dari kebun. eh iya mungkin loh ya krn beberapa kali ujan trus panas lagi makanya pas panen jambu di rumah saya kemaren banyak yg rusak buahnya, semacam gagal panen gitu, mungkin hal yg sama juga terjadi sama pohon jeruk balimya mbak Ria

Tinggalkan Balasan

