Padusan.

Pic pinjam
Pic pinjam JIBI PHOTO

Tradisi padusan biasanya di lakukan menjelang puasa untuk menyambut bulan  Ramadhan. Bagi yang tinggal di daerah yogyakarta dan jawa tengah ngak asing lagi dengan istilah Padusan entah apa namanya kalau di kota lain kasih info ya…

Padusan adalah mandi dengan niat menyucikan diri sebelum bulan Romadhan dengan cara mandi dan keramas. kalau di kampung aku biasanya kita berbondong bondong ke umbul ( mata air) atau kebanyakan kalau di yogya di adakan di pantai Parangtritis.

Sebenarnya ini adalah adalah tradisi Islam bercampur jawa kurasa, tolong di koreksi kalau saya salah ya.  Namun acara ini selalu saja ramai jelas karena agama mayoritas di Indonesia muslim , Padusan ini di lakukan menyambut datangnya bulan Ramadhan adalah bulan yang paling di nanti.

Kembali ke acara Padusan jujur aku pernah ikut itu 1x tu juga waktu kecil dan aku kapok karena rame jadi aku tidak mau lagi pusing banyak orang berjubel datang dari segala penjuru bahkan luar kota.

Kalau sekarang padusaanya di rumah aja yang penting niatnya bagaimana dengan kalian sudah siap menyambut bukan Ramadhan…?

 

Iklan

50 thoughts on “Padusan.

  1. kalau di betawi ada istilah padasan. cuma bukan nama acara, tapi nama alat buat penampung air yang kemudian digunakan untuk mandi atau berwudhu di rumah zaman dahulu. kalau sekarang udah diganti sama kran dan mesin pompa air 😀

  2. kalo dikampungku (sumatera barat) namanya ‘mandi balimau” mbak. biasanya pada pergi rame2 kesungai ato tempat pemandian umum. mandinya pake kembang2 yg wangi2 gitu (kembang tujuh rupa ya disebutnya?). waktu kecil aq juga pernah ikutan. tapi…….. ramenyo tobat deh. kayak cendol 😀

      1. Aku ngga pernah sama sekali… seingatku waktu kecil, kalaupun ada yang pergi, paling sekampung yang satu truk aja… mereka lebih senang pergi pake truk… nah itu aja udah ketauan niatnya buat hura2 aja… hehe

  3. Aku kok baru denger ya mba Ria?
    Kayaknya di Semarang gak ada. Atau aku yang gak tau? 😛
    Kalo tradisi di Semarang terkenalnya pasar dugderan sebelum Ramadhan 😀

  4. di jawa tengah dan jogja memang untuk tradisi seperti ini masih, dan menurut hitungan kalender jawa itu juga banyak istilah untuk menyambut puasa, padusan di solo juga begitu yg banyak pada mandi di kali keramas dan, kondangan tiap tetangga pada keliling dan menu kue apem biasanya yg gak lupa namanya 21 (slikuran) kalau gak salah

  5. Wah padusan, baru pernah dengar. Di tempatku di Kota Tegal tidak ada tradisi padusan (sepanjang sepengetahuan saya).

    Mungkin di wilayah Kabupaten Tegal bagian selatan masih ada acara tradisi yang hampir serupa dengan padusan. Mereka berbondong-bondong mandi di air pancuran air terjun mata air Gunung Slamet, diyakini mereka setelah mandi air hangat di pancuran yang mengandung belerang mereka akan terbebas dari roh-roh jahat (?), terus disitu juga mandi keramas dan gosok gigi pakai serbuk batubata yang dihaluskan (tidak pakai shampo dan pasta gigi) untuk membersihkan diri.

  6. Saya belum pernah dengar tradisi ini dilaksanakan di tempat saya (Bali), cuma memang ada teman saya di Jawa Timur cerita kalau dulu juga ada tradisi mandi sebelum bulan Ramadhan, mungkin serupa ya dengan tradisi padusan di Yogya ini, kan kaitan sejarah dan budaya antara Jawa Tengah dan Jawa Timur itu erat banget :hehe.

    Jadi penasaran, kepengin menyaksikannya secara langsung.

  7. jadi inget jaman dulu puluhan tahu lalu, di kampung saya sering ada acara begini…….tp sekarang sdh hilang….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s