Suami aku dan DB ( part 2 )

Setelah sehat mulai bergaya lagi. Rafting di magelang puc pribadi.
Setelah sehat mulai bergaya lagi.
Rafting di magelang pic pribadi.

Latepost…

Lanjut lagi ya sambungan dari cerita yang kemarin, trus ginana suami aku sekarang jawabanya sudah sembuh kawan dan udah kembali ngulie lagi Alhamdulilah.

Aku cuma ingin berbagi pengalaman aku seputar merawat orang yang terkena DB, saya bukan perawat namun hanya seorang istri yang kebetulan suaminya pernah kena DB.

  1. DB itu di sebabkan oleh nyamuk yang namanya aidesaigepti alias nyamuk deman berdarah tau dong kita sejak SD kita udah di ajarin soal ini.

2 ini nyamuk sukanya di tempat – tempat yang bersih catat BERSIH jadi catatan penting, seperti genangan air yang bersih dll.

3 kena DB tidak selamanya keluar bintik merah, jadi kalau ada yang panas tinggi trus turun dan tinggi lagi selama 4 hari langsung deh ke RS atau puskesmas atau klinik yang ada buat cek darahnya jadi biar akurat aku sarankan jangan ke dokter praktek biar langsung di tangani.

4 Kalau lingkungan kita ada yang kena DB dan 3 hari kemudian ada yang kena juga berarti ada indemiknya di daerah kita segera di adakan peyemprotan agar tidak meluas. Kalau kasusnya suami aku malah dia tidak tau di cium si nyamuk dimana? Karena di tempat tinggal aku cuma suami aku aja yang kena sampai saat ini. Jadi kemungkinan kenannya saat dia tidak ada di lingkungan rumah.

5 Penyakit DB tidak ada obatnya. Benar loe ini penyakit emang ngak ada obatnya jadi aku bilang di atas saat kalian mengalami panas sampai berhari hari langsung aja ke RS buat cek darah. Kita juga harus ingat riwayat sakit kita karena itu buat tuntunan menghitung fase demam berdarah.

6 Fase Demam berdarah itu berlangsung 7 hari, jadi setelah kita kecup manis sama nyamuk aides selang beberapa hari baru kita mulai demam apalagi kalau badan kita baru ngak fit cepat banget tu..

Jadi dari panas pertama 1×24 jam kuta udah masuk fase pertama.

7 Di riwayat sakit DB penderita akan mengalami 7Β  fase.

A. Fase 1

Biasanya deman tinggi ini aku ambil contoh dari kasus suami aku mungkin beberapa orang akan berbeda. Biasanya fase ini penderita akan mengalami panas yang luar biasa tinggi di sertai nyeri nyeri seluruh badan.

B Fase 2

Masuk fase ini panas udah mulai turun namun terjadi panas dalam dan sakit tenggorokan yang luar biasa.

C Fase 3

Panas masih namun badan rasanya ngak enak lemah letih lesu catatan badan kadang sudah tidak panas lagi ini dia yang kadang bikin kita terkecoh dan mengangap cuma kena deman biasa.padahal di fase ini trombosit kita mulai turun.

D Fase 4

Kembali deman di sertai mual mual eeeit bukan hamil ya , langsung aja cek darah kalau trombosit turun ke level di bawah 100 udah deh slamat datang di hotel RS. BIASANYA pasien langsung mondok plus langsung di pasang infus.

E Fase 5

Kasus suami aku masuk fase ini dia sudah tidak panas sudah normal bahkan makan aja doyan duh kaya ngak sakit, iiit jangan salah badan sehat plus ngak panas namun trombosit kita juga terjun bebas ke level 78- 68. Banyak terjadi kasus kematian gara gara hal ini jadi tiba tiba trombosit turun plus ada yang sampai pecah syarahnya kalau tertolong ya langsung di transfusi darah kalau tidak ya langsung meninggal.

Makanya kalau udah kena DB mending di rawat aja di RS jangan alasan ngak ada biaya kan sekarang banyak program pemerintah soal kesehatan kaya BPJS, JAMKESMAS atau yang punya asuransi swasta manfaatkan.

Plus kalau udah kena positif DB memang ngak ada obatnya namun obatnya dari kita harus banyak minum dan makam plus setiap hari 2x dalam satu hari kita bakal di cek trombosit kita jadi bakal di pantau terus dari RS. Makanya aku sarankan langsung je RS saja.

F Fase ke 6

Fase ini udah mulai melewati masa kritis jadi trombosit perlahan namun pasti akan naik, yuup namun tetap di sertai dengan doa dan pola makan dan minum di jaga.

Usahakan tiap 10nenit minum walau sedikit kalau saat suami aku ketahuan kena DB di fase 3 langsung aku buatin jus jambu merah plus minunan pocari plus air mineral tentunya. Kata Dokter semua virus akan kalah dengan air.

Jadi banyak banyak minun ya kalau kita sedang kena deman dan penyakit karena virus kaya batuk, flu dll.

Di fase ini tronbosit akan mulai naik dan akan berangsur pulih.

G Fase 7

Posisi trombosit udah kenbali ke posisi 98 lagi ya walaupun normalnya harus di atas 140 namun saat itu sudah boleh pulang asal vitaminya dimakan dan tetap harus rajin makan dan banyak minum pasti akan nornal kembali tronbositnyaa dan ucapkan slamat tinggal utuk RUMAH SAKIT dan terima kasih untuk bu dokter, mbak dan mas suster yang udah merawat suami tercinta dan pak Cleaning service yang selalu membersihkan ruangan setiap hari 4x jadi ruangan selalu bersih.

8 Setelah melewati 7 fase waktunya untuk pemulihan jadiya tetap harus di kontrol semua makan dan minum kuta dan tetap jaga kondisi badan.agar dapat beraktifitas kembali

Itulah beberapa kisah dan pengalaman aku soal DB mungkin berbeda kasusnya karena tiap orang punya sejarah atau riwayat yang berbeda dalam menghaapi suatu penyakit. Jadi tetap hidup sehat makan yang teratur plus banyak mengkonsumsi air mineral, karana musuh utama segala virus cuma air.

Selamat beraktifitas lagi kawan..

26 thoughts on “Suami aku dan DB ( part 2 )

      1. Waaah iya tapi kalau kemarin pakai jambu merah, mau beli angkak juga namun ku rasa ngak perlu kalau sudah masuk RS yang penting banyak makan n minum.

Tinggalkan Balasan

