Aku ingin bebas…

IMG-20141009-WA0001
Pic Gadah kulo.

Kalau bicara makna dan arti kebebasan mungkin setiap orang berbeda begitu juga pandangan aku soal kebebasan itu sendiri.

Kebebasan setiap masa dan seiringya waktu arti kebebasan menurut aku juga ikut berubah. Ingat betul jaman SD rasanya ingin bebas ngak mau di atur bebas baca komik sepuasnya bebas bermain sepeda dengan teman teman itu namanya bebas namun setiap di larang hanya bisa diam dan menurut ke orang tua,  masuk ke SMP arti bebas berubah juga di tambah sedikit mulai sedikit membangkang kalau apa yang aku artikan bebas di larang orang tua.

Masuk SMU adalah masa kejayan aku, aku merasa bebas kebebasan yan sempurna kala itu dan mendapak arti bebas sebenarnya, menurut aku saat itu yang di namakan bebas itu aku bebas bergaul memilih teman, kelayapan sampai pagi, bebas mengunakan uang jajan aku, bebas mau ngapai seenaknya , bebas mencoba yang baru bahkan demi mendapatkan sesuatu itu kadang aku harus berbohong kepada orang tua aku, padahal aku kala itu sudah kost dan jauh dari orang tua  namun sebagai anak aku tetap minta izin ke orang tua, walau kadang harus berbohong kadang sekarang mikir buat apa aku bohong kala itu, padahal aku sudah kost tanpa sepengetahuan mereka aku bebas kemana pun yang aku mau iya kan ?

Mungkin aku masih sedikit merasa takut untuk menikmati kebebasan aku kala itu,takut kebablasan jadi aku sering berpegang teguh pada kata bebas boleh asal bertanggung jawab.

Setelah lulus sekolah dan memutuskan bekerja aku benar benar di beri kebebesaan , kebebasan yang sepenuhnya dari ke dua orang tua, aku mikir mungkin karena aku anak pertama cewek lagi jadi mereka benar benar menjaga aku tidak ingin aku berbuat nekat. Jadi mereka memberikan kebebasan sepenuhnya kepada saya,  namun aku masih punya akal sehat dan logika setiap melakukan apa yang ingin aku lakukan untuk sesuatu yang dinamakan kebebasan.

Jadi kebebasan itu menurut aku ngak ada ujungnya dan batasnya, namun tetap bebas melakukan apa yang kita pikir baik itu baik atau buruk, asal tidak merugikan diri sendiri namun tetap menjaga martabat diri dan orang orang yang menyayangi kita yang ada di sekitar kita.

Lantas kebebasan itu apa menurut pendapat kalian…?

Sebenarnya…..

Pemikiran aku ini aku ikutkan di GA Kuis sabtu ; Kebebasan

Tapi gara gara ngak bisa bagi link jadi batal dari pada menguap ya aku share aja sayang dari pada save terus di draf.

 

 

 

 

 

 

 

30 thoughts on “Aku ingin bebas…

  1. Semakin “bebas” seseorang, biasanya semakin besar pula tanggung-jawab yang harus diemban ya Ri, hehe 🙂 . Jadi nggak mungkin seseorang bisa bebas sebebas-bebasnya tanpa memiliki tanggung jawab terhadap sesuatu gitu. Misalnya sewaktu kerja, ya memang kita bebas mau ngapa-ngapain aja, tetapi ada tanggung-jawab yaitu bentuk pekerjaan itu, hehehe 🙂 .

  2. bebas menentuka apakah kita mau ikut aturan atau mau melawan, itu kebebasan juga gak yah hihihi
    bebas intinya harus bertanggung jawab lah 😀
    aku baru dibebasin bergaul sama lawan jenis or pacaran setelah lulus kuliah mba, karna ortuku maunya fokus dulu selama pendidikan, kalau udah kerja kan aku lebih dewasa n pinter, bisa bedain mana yg baik dan enggak… dan aku memilih utk ngikutin permintaan mereka.. aku merasa ini kebebasan sih untuk aku yg milih buat ngikutin apa yg diinginkan ortu hehe 🙂

  3. Bebas yang bertanggung jawab itu yang susah ya mbak ri.. Ortuku juga selalu ngasih kebebasan sih… Cuma ada kalanya mereka tegas sama keputusan mereka dan nggak ngasih aku kebebasan buat milih. Contohnya buat kuliah di Jerman. Tapi mungkin mereka yakin banget kalo itu yang terbaik buat aku 🙂

  4. setuju banget mbak 🙂
    setiap orang pasti punya pendapat yang berbeda tentang makna dan arti kebebasan.

    kalau menurut saya : bebas tapi sopan
    dalam artian : bebas yang masih berpegang pada prinsip dan dalam kewajaran.
    hehe 🙂

Tinggalkan Balasan

