Cerita 20 menit di Bank..

8585563482_ea44fef2a7
Gambar Bank BNI di Titik 0 yogya ( pinjam http://www.flickr.com )

Panjang benar ya judulnya, tapi sebenarnya ini ada beberapa kejadian yang terjadi di sebuah Bank cabang pembantu milik negara di kota aku Yogyakarta hanya dalam waktu 20 menit, sebentarkan namun banyak pelajaran yang aku dapat.

Kala itu aku ke Bank karena ada urusan sedikit dengan ATM aku yang ke blokir karena aku lupa number Pin aku payah kan ATM aja cuma ada 2 tapi kok bisa bisanya lupa , nah saat itu memang aku ke Bank pas Jam makan siang langsung aku ambil number antrian untuk customer servise ternyata aku harus antri dulu.  Tapi lumayan cuma 1 orang dan aku selanjutnya jatah aku jadi ngak bakal lama pikir aku.namun!

Setelah aku duduk manis di kursi tunggu aku mulai memperhatikan sekitar bukanya mau tau, namun entah kenapa kejadianya di depan aku yang jaraknya cuma sejengkal otomatis aku bakal dengar iya kan…

  • Kejadian 1.

Saat itu aku menunggu jatah aku, berhubung CS nya cuma ada 1 jadi antri dulu. Saat itu ada nasabah lain yang sedang konsultasi dengan mbak CS yang cantik dan di sisispi candaan ringan dan obrolan tentang tempat tinggal nasabah itu, aku pikir nasabah itu sangat ramah karena beberapa kali mengoda mbak CS sambil tertawa renyah.

Pelajaran pertama buat aku mau suka atau tidak suka karena kita kerja di bidang jasa , Mbak CS selalu melayani dengan sepenuh hati dan selalu tersenyum setiap mendengar cerita bapak itu walaupun aku tahu pasti capek juga,  aku saja yang mendengarkannya aja juga ikut capek. Entah sudah berapa lama bapak itu mendongeng karena sampai 10 menit belum juga kelar…

  • Kejadian 2

Saat itu datang juga 3 orang ibu – ibu masuk dan berpakaina seragam aku pikir saat itu seperti seragam jemaah haji . Ternyata tebakan aku benar saat ibu – ibu itu bertanya ke Pak satpam yang berdiri  di samping pintu masuk dan bertanya apakah bisa tukar uang Riyal , dengan sigap bapak itu langsung masuk ke dalam untuk bertanya ke Teller . Namun sayang apa yan di harapkan ibu – ibu itu pupus sudah karena yang ada tinggal pecaran 20 riyal sedangkan ibu ibu itu mencari pecahan kecilnya.

Sebelum ibu – ibu itu beranjak ingin  pergi si Bapak yang ada di CS langsung ikut nimbrung dan bertanya apakah ibu – ibu itu ingin naik haji, dengan bersemangat mengiyakan pertanyaan bapak tadi. Lantas bapak itu dengan manis mendoakan ibu -ibu itu agar selamat sampai tujuan, dan lancar menjalankan ibadahnya dan menjadi Haji yang mabrur,  kaya panduan suara ibu – ibu itu serentak berkata Amiiiin.

Setelah ibu – ibu itu dengan sopan berpamitan dan mengucapkan terima kasih untuk doanya dan beranjak pergi, tak lupa si Bapak itu berkata juga kalau di juga sudah naik Haji juga.

Ooooohhh walah  ternyata mau Pamer juga ya si Bapa ini dan aku hanya senyum tipis aja , pelajaranya Ada udang di balik Batu hahhaha.

  • Kejadian ke 3 .

Selang ibu – ibu berlalu ada seorang ibu berdiri di ATM CDM (CDM/cash deposit machine) Aku perhatikan ntah kenapa ibu itu merasa ngak tenang tenang dan sedikit mengalami ke bingungan lumayan lama  dia berdiri di depan sana hampir 2 menitan entah berapa kali dia memasukin kartu dan mengeluarkanya lagi seperti kebingungen rasanya aku mau mendekat namun aku ngak enak nanti di bilang kepo.

Mungkin dia sudah pasrah ahkirnya dia bertanya ke Pak satpam yang berdiri di samping pintu dan ternyata ibu itu mau ambil uang namun di ambil di ATM CDM dimana itu ATM hanya bisa di pakai untuk transaksi menabung langsung dan transaksi non tunai lainya, dengan ramah Pak Satpam tadi menunjuk ATM yang bisa untuk mengambil uang yang ada di sebelahnya.

aku juga sering pakai CDM namun kadang BETE aja kalau duitnya undah masuk namun Saldo belum nambah jadi bagi yang pakai ATM CDM jangan lupa langsung cek saldo setelah menabung lewat CDM,  kalau transaksi berhasil dan saldo ngak nambah langsung ke CS untuk lapor dan butuh waktu 1 minggu agar uang itu langsung nambah ke rekening kita.

Pelajaranaya banyak orang -orang yang belum paham kalau ada ATM tunai dan ATM non Tunai jadi inilah tugas pihak Bank untuk sosialisasikan  ke masyarakat…

  • Kejadian ke 4.

Setelah ibu itu berlalu dari pintu masuk, masuklah mbak – mbak yang terlihat panik dan langsung dia mencerita apa yang dia alami ke Pak Satpam , berhubung Banknya juga kecil dan cuma jarak sejengkal jadi aku dengar apa yang dikatakan mbak – mbak itu.

Ternyata Mbak tadi ambil uang di mesin ATM B sedangkan ATM dia adalah ATM M , nah ntah tau kenapa ATMnya ketelan aja dan paniklah dia, akhirnya Pak Satpam menyarankan untuk tanya langsung ke CS .

Akhirnya Bapak itu sudah selesai juga dan jatah aku sekarang karena aku melihat masalah mbak jauh lebih penting . Dari logatnya aku aku kira mbak itu bukan orang jawa , akhinya aku mempersilahkan Mbak itu duluan ke CS. Langsung si Mbak menceritakan kronologis kejadianya.

Ceritanya begini Mbak tadi memang bukan orang yogya dan sedang liburan ke yogya dan tadi niat dia ambil uang di ATM bersama karena Tidak ada mesin ATM bank M yang dia punya. Setelah ATMnya di masukan ternyata mesin ATMnya rusak dan langsung menelan ATM mbak nya tadi dan yang jadi permasalahanya ternyata ATM itu bukan punya bank namun punya SWASTA atau Fendor jadi si Mbak CS  ngak bisa bantu ambil ATM yang tertelan kalau ketelanya ATMnya di Mesin ATM yang ada di Bnak bisa di Bantu. Kalau punya fendor memang agak lama karena bikin berita acara dulu.

Mendengar penjelasan si Mbak Cs mbak tadi semakin emosi jelas lah aku pikir pasti dia panik . Di saat dia sedang liburan butuh uang dan ambil uang ehh malah duitnya ngak bisa di ambil karena kartu ATMnya ke telan juga . Setelah mendapat penjelasam dari mbak CS akhirnya tadi langsung menyarankan untuk ke Bank nya dia agar di terbitkan ATM baru.

Pelajara kalau kita sedang liburan usakan ambil uang di ATM yang sekitar Bank aja jaga jaga ATM ketelan. Tapi kadang ngak paktis juga namun jaga – jaga dari pada terjadi masalah ya kalau bisa langsung bisa di terbikan ATM baru kalau tidak…?

Akhirnya waktunya saya tiba…

Lantas pernah tidak kalian mengalami hal seru di dalam Bank di kota kamu…?

 

 

 

 

//

35 thoughts on “Cerita 20 menit di Bank..

  1. wah cuma 20 menit tapi banyak kejadian yg teringat yah 😀
    aku biasa ke bank gerak cepet ga sempet liat2 org lain hehe..jd jarang ada cerita2 seru di bank..
    kalo main ke kantor pemerintahan tuh, misalnya waktu bikin paspor di kantor imigrasi, urus NPWP dan SPT dikantor pajak, atau di kedutaan urus visa, baru deh bisa puas2in liat keadaan sekitar *soalnya lelet pelayanannya* 😛

  2. Wah aku pernah mbak Ria lagi asik2 persiapan dalam rangka liburan Nyepi, eh kartu ATM ketelen aja di mesin 😦 Udah sore juga pasti bank udah tutup, dan kalo libur Nyepi di Bali biasanya off 5 hari kerja, kartuku ketelan pas hari ke-3, urus minggu depannya deh..
    Untungnya lagi liburan sama teman jadinya pinjam uang dia dulu, begitu kartuku beres diurus ganti baru, langsung balikin duitnya 😀

    1. Iya makanya selalu khawatir kalau ATM pakai acara ketelan.

      Untung ada kawan ya coba kalau singel trip, tapi sekarang ada rekening ponsel jadi enak tapi cuma 1 bank aja yang punya metode ini.

  3. Soal ATM ketelen ituu aku udah 2x mbaaa. Dan semua gara2 keteledoran akuh yg lupa ngambil kartu stelah tarik tunai di ATM. Satu di Jogja, satu di Soetta Jekardah. Hiks

  4. Banyak banget ya kejadiannya padahal cuma 20 menit aja. Mungkin sebenarnya kalau kita berhenti sejenak dari kesibukan kita dan melihat sekeliling, ada banyak sekali yang bisa kita perhatikan dan pelajari ya *sok filsuf 😛 *

    Tapi kalau dipikir-pikir memang bank adalah tempat dimana semuanya gerak cepat ya, hahaha 🙂

  5. Hanya dalam waktu 20 menit mbak bisa menjaring banyak peristiwa, wah,,, mbak ini cocoknya jadi jurnalis yang suka memburu berita, pasti deh gak bakalan krisis informasi… 😀 hehe *sotoy nih… 😀 *

  6. 20 menit berasa kayak 2 jam ya mba….aku juga ada cerita ttg bank nih sebulan yg lalu…tp klo diceritain di blog takutnya kebawa emosi…hahaha…ngeselin soalnya 🙂

  7. Hahah.. Bapak-bapaknya pamer.. 😀

    Ini nih Mbak, yang bikin parno bin panik, pas kita lagi di kota orang eh ATM ketelen. 😦 Aku jugak berusaha banget biar ngga sering pake ATM, jaga-jaga biar ngga ada apa-apa..

  8. Saya jarang ke bank. Terakhit ke bank bberapa bulan lalu karena masa berlaku kartu ATM saya habis. Dan.belum ke bank lagi. paling ke ATM yg lokasinya di depan bank 😀

    Banyak pelajaran yang bisa diambil ya mbak

  9. weeh saya mah dulu langganan mbak bolak balik bank ngurus atm hilang lah… atm ketelan lah.. malah y lebih parah ngambil duit sejuta d atm bersama tp malah ga keluar duitnya + saldo ud kepotong…
    ya otomatis ud pasang muka melas d depan mas CS y ganteng *eh… untung aja bsa dkembaliin duitnya, coba kl ga bsa nangis ngember secara itu duit kost sama spp..

Tinggalkan Balasan

