Desa Terunyan Bali..

TERUNYAN BALI
Di bawah pohon teru menyan di TERUNYAN BALI doc pribadi

 

Jalan – jalan yuukk….?

Jalan – jalan kali ini kita menyebrang sedikit ke pulau tetangga yaitu pulau BALI siap coba yang ngak kenal pulau ini duuuh tidak tergambarkan deh kata – kata tentang BALI.

Sekarang jalan – jalan aku lanjutkan ke pulau dewata ini, tepatnya kita mau jalan ke desa TERUNYAN BALI . saat itu hotel saya ada di kawasan kuta bali butuh waktu kurang lebih 3 jam untuk sampai disana plus sarapan dulu tentunya. Saat sampai di tujuan ternyata kita harus menyebrang dulu loh kok harus menyebrang…?

Karena desa terunyam ada di seberang danau Batur jadi. Terunyan adalah sebuah desa yang berada di kecamatan kintamani kabupaten bangli bali indonesia . Terunyan terletak di dekat danau batur .  Ahkirnya kita harus menyewa perahu untuk menyebrang menuju Terunyan.

Gunung batur terunyan bali
pemandangan danau batur

Setelah bertanya – tanya untu  mencari pintu masuknya  dan ahkirnya ketemu juga  tidak lupa bayar restribusi plus sewa perahu untuk menyebrang kita berharap cuaca bersahabat karena saat itu mendung cuacanya..

Terunyan
perahu yang akan mengantar kita DOC PRIBADI
Terunyan Bali
Narsis di atas perahu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Terunyan Bali
tempat loket dari ke jauhan doc pribadi
Terunyan Bali
tujuan kita Desa terunyam doc pribadi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kurang lebih sekitar 20 perjalanan mengunakan perahu dan menikmati perjalananya ahkirnya kita sampai juga di tempat tujuan kita yaitu Desa terunyam yang aku suka mendekati desa ini air danaunya jadi hijau namun bersih banget aku suka,  kalau aku bisa berenang rasanya mau langsung terjun ke danaunya..

Terunyan Bali
beberapa meter mendekati Desa doc pribadi

 

 

 

 

Rasanya sudah tidak sabar dan penuh penasaran ingin sampai di sana dan ahkirnya rasa penasaran saya terobati juga setelah perahu yang kita tumpangi menepi di ujung dermaga yang sangat sedehrana.
Terunyan Bali
Ujung danau Batur doc pribadi
Terunyan Bali
Welcome to terunyam aku dan teman ku Doc pribadi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dalam pikiran saya pasti akan seram di dalam sana, dengan sedikit rasa kwatir namun tak apalah tetap maju pantang mundur. Sesorang mendekati kita dan ternyata seorang gaide dari warga sekitar yang memberikan jasa menceritakan tentang sejarah singkat DESA TERUNYAN yang memang saat itu kita butuhkan .

kuburan desa terunyan
Pintu masuk menuju kuburan

Ternyata kuburan ini memang di pakai untuk pemakaman warga sekitar namun yang sudah menikah dan meninggal wajar  dan pertama mereka akan di makam tanpa dikubur didalam tanah hanya di letakkan begitu saja dan di tutup dengan bambu anyam  dan jangan kaget kalau di dalam kuburanya kita bisa lihat barang – barang yang dia pakai sehari hari seperti baju, piring , gelas , kaca mata dan beberapa benda kesanyangan lainya.

 

Terunyan Bali
makan di desa Terunyan Bali

Tapi kenapa  tidak bau konon karena ada Pohon TARU MENYAN  yang membuatnya tidak bau bangkai namun jujur memang tidak bau padahal dari awal berangkat pasti tempatnya akan mistik dan seram namun jujur setelah sampai disana rasa itu hilang.

Lantas kalau ada orang  yang meninggal baru , yang yang meninggal dan sudah jadi rangka akan ditaruh di tempat khusus dan tempat bekas dia di bersihkan dan di pakai oleh orang lain.

Terunyan Bali
foto berlatar belakang tengkorak
Terunyan Bali
Baskom kecil tempat uang sumbangan para turis yang berkunjung dan jangan kaget kalau di dalamnya uang 5o rb an, kata teman aku itu sebagai pancingan tetap ya….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Terunyan Bali
Tengkorak yang ada di terunyan Doc Pribadi

Ahkirnya kelar juga perjalanan kita di desa terunyan Bali,   kalau ini liburan yang lain dari pada yang lain silahkan saja datang ke sini .

Seperti biasa..

Mau dikamana kita jalan – jalanya pasti akan terasa seru dan menyenangakan asal kita sendiri yang membuat perjalanan itu tampak menarik ….”

Happy Weekend…!!!

 

Iklan

51 thoughts on “Desa Terunyan Bali..

  1. Mbak Ria, Trunyan sebagai kuburan agak2 gimana gitu ya. Namun sebagai tempat wisata, jadi eksotis. Magis yang bercampur dengan rasa ingin tahu dan keriaan 🙂

      1. Ohhh…

        Mungin kali ya atau aku ngak sadar aja ya non, cos memang kalau kita sampai di sana banyak pemandu dadakan namun secara saya butuh mereka jadi ngak masalah kalau ita harus keluar uang.
        Tapi masih taraf Wajar kok, itung itung sebagai uang tip.

  2. Waduuuh Serem foto terakhir, ini namanya jalan-jalan anti mainstream ya mbak. Berwisata-nya ke kuburan, kalo aku pastilah udah mengkeret *penakut soale XD
    Danau-nya bagus ya, hijaun gitu airnya…

  3. Wahhh mba bisa sampe sebrang kintamaninya ya … saya waktu itu ngga boleh turun sampai sana sama guidenya coz guidenya ngga mau ambil resiko katanya akhirnya kami hanya makan siang aja deh di peg kintamaninya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s