” SUMMER ” di yogya

foto di Area Keraton Yogya

 

Ya ampun ceritanya ngaya banget pakai kata kata ” SUMMER ” segala padahal yogya mah panasnya ajib – ajib setiap hari sepanjang tahun kecuali pas musim hujan yang sekarang mulai ngak jelas bulannya  .

Ceritanya begini ini cuma tampungan beberapa obrolan- obrolan ringan ( Karena inggris aku masih ‘ gasebo alias ngak jelas bok…!!!  )  Saya dengan customer saya selama musim liburan plus tepat liburan Summer buat para bule bule di sini ( yogya ). Aku pikir tahun ini banyak banget nie bule – bule pada liburan ke yogya.  ayo siapa yang mau cari pacar bule datang aja pas bulan juni ahkir sampai september awal banyak tu beleleng di sini .

Dari pengamatan saya paling banyak bule yang datang khususnya di tempat saya bule asal Belanda yang rata – rata dalam rombongan besar ( Sekeluarga ) mayoritas yang bule cowoknya dan istinya orang indonesia plus anak – anaknya lucu – lucu namun tidak cuma belanda saja saya juga bertemu dengan bule dari jerman, prancil, itali namun biasanya rombongan kecil dan bukan keluarga ya cuma anak – anak muda yang menikmati musim liburan saja,  tapi anehnya biasanya bule dari australia banyak di hari – hari biasa ehh pas summer malah sepi begitu juga dengan jepang kalau liburan bawa atributnya banyak kaya udah pakai topi eh masih bawa payung .  namun tetap juaranya Turis BELANDA yang mendominan.

Ok ini serba serbi obrolan saya dengan mereka…

  1. Tidak suka dengan JAKARTA

Mau bule belanda atau jerman rata rata ngak suka dengan ibu kota negara kita yang katanya Kotor, berisik, bau dan yang bikin parah katanya Transportasinya kacau . Wah kalau udah begini aku jawabnya susah la wong memang sudah kaya gitu plus paling sekarang tambah ruwet aja kali ya…

2 Pinjam kalkulator.

Ini ngak semua bule tapi sebagian kecil tapi yang sering aku temui bule dari spanyol rata – rata pertama kali ke indo . kalau jerman, belanda, inggris , amrik jarang yang pinjam mungkin karena nominal kita 0 banyak banget jadi bikin kaget kali ya. jadia di itung itung dulu takut salah…

3.  Suka dengan YOGYA.

Bagi para bule yogya lebih sedikit bersahabat karena lingkunganya, orangnya dan suasananya atau mereka peres aja karena ada di yogya dan baru ngobrol dengan orang yogya ahahhaha. tapi ngak memang benar rata – rata pada betah sampai aku punya customer dari australia dan amrik bela belain beli rumah di yogya .

Tapi paling sebel kalau ada yang tanya ” Bagaimana Wanita idonesia …? ” ke bule – bule duuuh rasanya mau aku tampar itu orang kaya melecehkan banget paling ngak suka aku…

4  Susah eja nama aku ( RIA )

Begitu juga dengan aku aku susah kalau eja nama mereka yang belibet kadang butuh 2 kali biar aku bener – bener betul ejaanya dan mereka dengan senang hati membantu aku mengeja namanya la wong biasa panggil joko, parjo, sastro eh harus sebut nama londo yang benar – benar aku baru dengar,  bukan nama londo yang buat nama yang sering di berikan kepada anak – anak indo dari orang tuanya misal jonathan, tommy dll itu gampang gampang.  kalau ini benar – benar bikin lidah aku rasanya bundet ( belibet ) tapi asyik kok. begitu juga mereka menyebut nama aku RIA juga harus ada penekana di huruf R nya. Jadi podo – podo saling belajar.

6 AYAM dan NASI.

hahahhah ini dia bahasa yang sering mereka pakai kalau cari makan mereka sering bilang AYAM dan NASI . sangking iseng ya aku ajarkan beberapa kata kata dasar. semisal Terima kasih, Roti, Air minum, keju , susu dan tolong tapi sukanya pas aku bilang bahasa indonesianaya chili adalah  LOMBOK ( dalam bahasa jawa ) langsung mereka bilang dari yoyga mereka mau ke LOMBOK jadi gampang di ingat ohh iya juga malah aku ngak ngeh lo wah pintar. Tapi kalau ada temanya orang indo aku ngak pakai acara belajar gini kan ada temanya orang lokal jadi kan aman.

7 Terima kasih.

Kalimat ini yang mungkin familiar sama anak – anak bule yang lucu – lucu , karena aku sering mendapatkanya. Wah salut untuk Ibunya yang mengajarkan bahasa ibu mereka ke anak – anaknya. Terima kasih…

8 Beberapa bahasa hampir sama.

Kalau ini khusus untuk bule dari belanda waduh kok tiba – tiba lupa namun yang aku ingat 1 kata LEKER – ENAK mungkin karena kita dulu di jajah belanda jadi mirip – mirip dikit lah. Ada yang mau menambahkan…?

9 Berjabat tangan dan foto bersama.

Nah kalau berjabat tanggan sering aku lakukan walau ngak sana bule aja, namun ini unik aja kalau kita aku dan bule berjabat tangan sebagai ucapan terima kasih dan saya sambut dengan gembira juga,  ya kadang ada beberapa bule yang mengajak foto bersama sebagai kenang – kenangan entah ngak tau kenapa..?biasanya orang kita yan minta foto sama bule sekarang aku yang di ajak foto bersama yeeeee….

oh iya ada bule dari rusia kasih aku coklat dan dari belanda kasih aku permen gitu kaya lolipop warnanya dalamnya coklat dan di bungkus plstik coklat sedikit gold plus ada gampar sapi yang ada tanduknya nah lo sapi apa rusa hahhaa.

10 . keliling Indonesia.

Rata – rata touris ini  rute trip mereka Adalah Jakarta, Yogya, Bromo, bali , lombok dan lanjut ke negara asia tegngara lainya, namun ada beberapa yang ngak suka Bali jadi mereka lari ke Karimun Jawa.

Sebenarnya masih banyak namun lanjut lagi besok ya karena mau berangkat kerja dulu. Oh iya siapa yang mau menambahkan silahkan loe kalau ada kenangan – kenangan juga….

 

//

Iklan

49 thoughts on “” SUMMER ” di yogya

  1. wah bule ga suka jakarta yah.. aku sendiri warga jakarta udah stress sama macet kotor polusi belom kriminalnya dan sistem tata kota yg amburadul.. kalo ga demi kerjaan mgkn udah pindah dr jkt sejak lama.. tapi sejak Jokowi naik jd gubernur, n skrg diganti Ahok, Jakarta ud jauh lebih nyaman sih, udah ilank semua rencana ku kabur dr jkt 🙂 ini menurutku dan bbrp temen (bukan kampanye).. moga2 jakarta yg udah agak beres skrg bs lebih menarik hati turis internasional juga hihihi
    iya agak melecehkan yah yg suka tanya2 pendapat org tentang “gimana wanita disini”, “gimana wanita disana”.. terus ada bule yg jwb ga kak pertanyaan begitu? jawabannya sopan apa ikutan melecehkan?

    1. Semoga jakarta lebih maju ya mey dan nyaman aku juga kangen lo sama jakarta karena jakarta awal aku meniti karir..
      Semoga dengan di pimpin pak ahok jakarta semakin luar biasa…

      Wah aku sebel banget kalau ada yang tanya seperti itu mey, kalau si bulenya jawabnya standar aja paling cantik, baik, dan murah senyum tapi dasar lelaki yang tanya malah matanya seakan akan ingin mengork lebih lanjut ehhhhmmmm ngak da etika bener itu yang jauh…
      Itu namanya penjajah di negeri sendiri wajib di bantaiii..!!!!!

    1. Ya tapi ya mgak semua mas cris capek dung saya hahahha ( soook terkenal )
      Hanya beberapa mungkin karena sudah dekat dan mereka melakukanya sebagai ucapan terima kasih saja

  2. Aku jg gak suka Jakarta padahal lahir dan gede disana. Macet, bau, sumuk. Tp makanannya enak2 :p..hehe banyak kata benda dan kata kerja bahasa belanda sama dengan bahasa Indonesia, lucunya pas ke Portugal banyak juga kata2 yg mirip dengan bahasa Indonesia kayak meja, sekolah, jendela, kemeja, dansa, keju, hehehe…lucu ya semuanya peninggalan pas dulu kita sempet jd koloni bangsa Portugis.

    1. Wah kelihatnya kepencet…

      Ya walaupun bakal ketemu 1 tahun lagi atau lebih namun ngak apa – apa ada beberapa kita saling tukar alamat email hehe.
      Wah sayang mereka ngak tahu..

      1. Iya katanya mereka bisa gila karena kaget dengan trans di jakarta yang ruwet plus ngak teratur…

        Rasanya pingin deh ngajak mereka naik metro mini pasti kebayang serunya..

  3. Hahaha, yang kalkulator itu memang perlu banget loh kalau ke negara yang beda mata uangnya, hahaha 😛 . Kecuali kalo jago ngitung kali bagi sendiri dalam pikiran sih 😛 .

    Ah, yang masalah bahasa itu memang banyak banget yang mirip/sama antara bahasa Indonesia dan Belanda. Kalau nggak salah ada ribuan kata loh 🙂 . Misalnya aja kata setrika, bahasa Belandanya strijken (dibaca ‘straiken’), hahaha 😛 .

    1. Mkasih nel jadi senang…

      Mungkin karena yogya di apit gunung dan laut jadi hawanya masih bersahabat dan polusi udaranya masih wajar dari pada jakarta yang padat.

      Ayo nel kalau benyamin udah bisa di ajak terbang ya…

      1. Seriuuuuus? 😀
        Rencana sih ada akhir Agustus ini, Mbak.. Tapi belom tau beneran sempat atau enggak. Huhuhu.. Mudah-mudahan yaaaa :*

  4. Ria, aku dan suami tuh maleeeesss deh kalo harus ke Jkt.., padahal kalo mau ke Cianjur ya ke Jkt dulu..hehehe.. Makanya kalo kami ke luar negeri, lbh suka berangkat dari Balikpapan trus ke Singapura.. Tapi Jogja emang enak sih.., apalagi dibandingkan Jakarta..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s