” TIMUN SURI ”

www.sabataz.com285
http://www.sabataz.com285

 

Kalap kalaaaaap…..!!!!!

kalau menjelang buka puasa rasanya semua  yang ada di depan mata  mau di beli,  kaya muat dan sangup  aja semua makanan masuk ke dalam perut semua…!!!! .

Setiap hari selain hari libur,  aku selalu batalin puasanya di tempat kerja karena nangung kalau mau pulang mending tunggu sembentar,  batalin puasa lantas baru pulang kerja apalagi kalau jam jam 5 sore  wah jalanan  pasti ramai . Banyak orang yang ngabuburit jadi mending aku  tunggu manis aja di tempat kerja sambil siapin teh hangat dan cemilam buat buka puasa nanti.

Aku tidak sendiri beberapa teman kerja aku juga berpendapat sama,  namun kalau yang di jemput beda lagi. Selang 10 menit setelah jam buka puasa aku lagsung tancap gas pulang ke rumah . Sekitar 30 menit perjalanan ahkirnya  sampai rumah juga.  lantas masak untuk buka bersama suami di rumah,  Jelas  ya masaknya yang simple simple aja yang penting ada sayur hijaunya. Entah apa  aja ya misal tumis kangkung, bayam, sawi putih apa aja yang penting ada sayur lantas lauknya gampang kan udah siap banyak stock makanan di kulkas 🙂

Nah sudah 5 hari ini oh iya aku mulai puasa hari sabtu,  walau ada yang minggu namun tidak masalah walau berbeda namun tetap indah kok.

Sejak puasa pertama aku selalu berusaha masak buka buat suami dirumah walau menunya sederhana namun rasanya sangat nikmat dan kita ngak mau beli di luar karena aku pikir ini momen yang indah aja dan yang pasti aku mampu dan ada waktu buat buka bersama.

Sejak puasa pertama aku belum pernah namanya bikin minuman khas puasa seperti kolak , es buah atau sirup. Jadi kita hanya minum teh hangat saja kalau mau jajan takut kalau pakai pemanis buatan jadi cari aman saja. Tadi waktu berbuka aku  ngobrol – ngorol sama suami aku  soal bikin es buah. Ehhh langsung aku  teringat dan kangen sama ES TIMUN SURI .

Ingat betul jaman aku kerja di jakarta aku dan teman kost aku kita selalu bikin es timun suri untuk buka puasa . Walau saat itu aku belum puasa namun aku seneng aja ikut sibuk siapain menu buka puasa dan makan bersama. Saat itu kalau bikin es timun suri aku suka pakai gula aja kalau teman aku suka di campur sirup…

 

e85322e9208d59a403e4119de1863be0
Gambar timun suri yang baru di petik
images
Bagian dalam timun suri

 

Sayangnya di yogya aku belum pernah bertemu dengan penjual  Timun suri ini,  entah mungkin banyak yang tidak tahu sama buah ini atau tidak populer di yogya . Kalau dijakarta amboooy setiap pingir jalan banyak yang jualan apalagi kalau yang udah masak ehmmm harum sekali .

Padahal manfaatnya banyak sekali terutama untuk panas dalam kan seger banget habis seharian berpuasa lantas berbuka dengan es timun suri rasanya ceeeesssss…. Suegerrr banget.

Nah kira – kira kalian tahu tidak dengan TIMUN SURI lantas biasanya di buat apa…?

 

//

//

Iklan

30 thoughts on “” TIMUN SURI ”

    1. Hahhaha aku salah tulis , kalau di jawa kata ” Batalin puasa ” Konotasinya bukan batal yang sebenarnya namun untuk persiapan buka kan udah jam 5 sayang dong 😛 makanya aku revisi takut salah persepsi , makasih sayang .

      Makanya Aku kangen timun suri 😥

      1. hehehe… nyante aja say xixixi…. s

        Sekarang udah terbiasa dengan pertanyaan atau kalimat tersebut dan kadang2 ngucapin juga…. tapiiii pas nyampe rumah ga sadar kebawa, eh diprotes hehehe.

    1. Kalau Teh aku suka yang hangat cenderung panas. wah kalau timun suri cukup kasih air gula udah enak dan harumnya hemmm..
      Iya di yogya ngak ada yang jual kaya di jakarta 😦

  1. sayang mbak puasanya dibatalin 😀

    di sini belum ramai yang jualan timun suri. seringnya saya lihat ada pedagang timun suri dadakan d pinggir jalan. dan biasanya seh dibuat es

    1. Hahhahahah salah mas puasa tetap dung aku baru ngeh ada 2 komentar yang sama ternyata salah persepsi.
      Hahhaha aku salah tulis , kalau di jawa kata ” Batalin puasa ” Konotasinya bukan batal yang sebenarnya namun untuk persiapan buka kan udah jam 5 sayang dong 😛 makanya aku revisi takut salah persepsi.
      Wah keliatanya penjualya yang banyak di daerah meruya ilir, udik dan sekitar daerah puri kadang sampai ke kebun jeruk duuuhhhh Timun surinya mengoda bener

    1. Wah iya sihh kadang ada yang ngak suka, tapi aku suka banget be rasanya renyah gimana gitu apalagi kalau sudah di buat Es mantap…
      Lembar satu beee buat aku 🙂

    1. Wah kalau pohonya merambat gitu kaya belewah ma semangka.
      Coba jalan ke daerah meruya sekitar daerah puri atau kebun jeruk Jakarta barat banyak itu kebun dadakan yang isinya timun suri.

    1. Wah enak mba el, rasanya hambar namu harum baunya makanya enaknya buat campuran es buah..
      kalau aku cukup air gula aja agar rasa khasnya n aroma Timun surinya dapat.

  2. Huaaaah.. Kalo sama Mama ku Mbak, sukanya dibikin es buah.. Campur potongan jelly, asem pala atau kulit jeruk, wualaaaah.. Enak tenaaaaaan.. 😀

  3. Di dekat rumahku kalau bulan puasa gini juga banyak banget yang jual timun suri ini, kadang kalau pulang kantor agak sore malah kena macet gara-gara orang yang beli timun suri 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s