Kangen kue Apem…!!!

Judulnya sekarang kangen Kue APEM buatan Simbah Putri .

 

pic pinjam harianjogya
pic pinjam harianjogya

 

Biasanya  hari Mulud gini kalau di rumah aku di kampaung ( WONOGIRI ) sana, ada rutinitas yang di lakukan keluarga besar aku yaitu bikin APEMAN artinya nenek aku selalau bikin kue apem buat syarat aja untuk mendoakan kerabat yang sudah meninggal, bukan hanya buat apem aja namun kita bikin hantaran untuk tetangga sekitar ( BANCAAN ) yang isinya sangat sederhana yaitu ada nasi putih plus lauknya ada Oseng oseng lombok ijo plus tempe semangit ( tempe yang sudah terlalau matang ) tempe dan tahu bacem, telur rebus, ayam goreng, bihun, kerupuk udang dan tidak lupa APEM ini dan ketan.

Kadang budaya ini mungkin lama lama sudah sedikit menghilang namun bagi keluarga besar saya kegiatan ini masih kita lakukan walau tetap kita jalani dengan kesederhanaan , Dari pagi kita sudah belanja ke pasar dan simbah aku biasanya udah ngomel ngomel agar cucunya bangun tidur , biasanya tugas aku dan adik adik aku cuma ngelap piring buat hantaran dan cari daun pisang , terus daun pisang di potong dan bi bentuk melingkar pakai cetakan piring untuk alas piring buat hantaran walau sekarang ada yang pakai kertas minyak namun tetap simbah pakai daun pisang ambil di kebon
( kebun ). Kadang ada beberapa tetangga yang bantu ( REWANG ) ikut bantuin masak gitu jadi rame .
pic pinjam
pic pinjam
Walau kelihatan gambaranya sederhana namun cara membuat apem sangatlah rumit dan butuh waku yang lama, kalau nenek aku bikinya sangat sederhana  dan mengunakan alat yang sederhana juga , masih pakai anglo arang dan wajan bukan teflon lo ya,  plus tidak lupa  batang daun  pisang untuk di jadikan alat oles minyak goreng ke wajan  agar tidak lengket. Tidak ada yang namanya pakai kuas minyak, kata nenek aku  ” RASANE ORA ENAK ” ( rasanya tidak enak)
aku suka apem yang ujung ujungnya sedikit kering dan gosong 😀
Gambar orang bikin apem (  pic pinjam sragen pos )
Gambar orang bikin apem
( pic pinjam sragen pos )
Biasanya simbah bikin adonanya  dari malam hari terus di diemin ditutup pakai lap makan nah  besok harinya di bukan dan udah ngembang aja itu adonan, baru paginya di goreng.
Kadang bikinan simbah tidak cantik kaya yang di jual di pasaran namun rasanya LUAR BIASA…!!!!!
Biasanya juga kalau mau lebaran simbah juga bikin buat cucunya yang pada mudik jadi berharap simbah sehat sahat terus agar bisa bikin Apem buat anak, cucu dan cicitnya kelak  – Amin –

//

Iklan

28 thoughts on “Kangen kue Apem…!!!

  1. Wahhh – kue Apem kesukaan ku sejak kecil 😉
    kalau dimeja ada aneka macam penganan dan diantaranya ada kue Apem … pasti saya pilih si-dia … hmm… nikmatt 🙂

    1. Amin Amin Amin…
      Tapi ilmunya sudah diturunkan ke ibu ku mba, tapi mode on mamak aku, belum pernah makan.
      Tapi kata my sit ya 11-12 rasanya ma buatan Simbah aku, walau tetap bentuknya tidak cantik.
      😛

  2. Kue apem ini saalah satu kue wajib kalau ada yang punya acara, hehehe… Deket rumah saya ada yang kerjaanya bikin kue apem, kalo main ke sana saya musti nyomot yang masih anget, dan rasanya nikmat sekaleee 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s